Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Amerika Serikat mengatakan akan menyelenggarakan KTT anti-teror di Washington bulan depan guna menanggulangi aksi teror, sementara pemimpin-pemimpin Eropa dan Amerika menyerukan langkah yang lebih tegas dalam pengawasan dunia maya dan perbatasan.

Jaksa Agung Amerika Eric Holder yang sedang berada di Paris untuk mengikuti konferensi tentang terorisme pasca serangan pekan lalu di kota itu yang menewaskan 17 orang, hari Minggu (11/1) mengumumkan bahwa KTT anti-teror tersebut akan dilangsungkan pada 18 Februari mendatang.

Dalam pernyataan tertulis, Gedung Putih mengatakan KTT itu akan menyoroti “langkah-langkah terbaik dan upaya segera beberapa komunitas Amerika yang melakukan program ujicoba mengatasi ekstrimis.

Sejumlah menteri dalam negeri dan menteri kehakiman dari negara-negara Eropa dan Amerika berkumpul di Paris hari Minggu, menyerukan ditingkatkannya pengawasan di internet dan keamanan yang lebih ketat di perbatasan guna mengatasi serangan seperti terhadap kantor tabloid murahan “Charlie Hebdo”.

Menteri Dalam Negeri Perancis, Bernard Cazeneuve yang mengikuti pertemuan itu mengatakan Eropa harus memperbaiki sistem saling tukar informasi di perbatasan dan melakukan pelacakan yang lebih baik terhadap penumpang yang bepergian antar negara.

Cazeneuve mengatakan meski dilakukan peningkatan pengawasan, “kebebasan fundamental” akan tetap dihormati. 

Apakah KTT ini akan lebih membahas pada penanganan teror saja atau kepada penyebab teror yang mana hal itu sebenarnya disebabkan kebijakan negara mereka sendiri. Prancis misalnya, tercatat terlibat dalam pemboman terhadap penduduk sipil di wilayah Negara Islam, sementara majalah Charlie Hebdo juga sudah berulang kali menghina Nabi Muhammad SAW yang amat dihormati seluruh umat Islam. Daripada AS dan Eropa menghabiskan energi solusi-solusi yang pasti gagal, mengapa tidak kepada solusi yang pasti berhasil yaitu berhenti ikut campur dalam dunia Islam dan hormati umat Islam, itu saja. Atau AS dan Eropa mau hidup selamanya dalam ketakutan? mari kita tunggu hasil KTT tersebut (VOA/DM)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top