Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Sejarah

Minggu, 19 Juli 2015

Video Hormat Nazi Ratu Elizabeth Terbongkar, Istana Marah


Sebuah video dokumenter hitam putih yang menunjukkan Ratu Elizabeth II saat masih kecil melakukan hormat ala Nazi dibongkar tabloid Inggris, The Sun. Pihak Istana Buckingham pun marah dengan publikasi itu.

Dalam film dokumenter yang diperkirakan dibuat tahun 1933-1934, Ratu Elizabeth II tampak masih kecil bersama dengan ibu, adik dan pamannya di Balmoral Castle di Aberdeenshire, Skotlandia. Pada momen itu, sang Elizabeth II kecil yang berusia sekitar tujuh tahun melakukan hormat seperti cirikhas pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Ibunya, Elizabeth I (saat itu Ratu Inggris) dan pamannya, Pangeran Edward, juga tampak melambaikan tangan untuk memberikan hormat ala Nazi.

Dr Karina Urbach akademisi dari Institute of Historical Research di London, menggambarkan film dokumenter itu sebagai hal yang “cukup mengejutkan”.

”Ratu memiliki catatan kebanggaan pada Perang Dunia II dan punya kewajiban untuk negaranya dan tidak ada yang akan pernah menyarankan dia bersimpati kepada Nazi Jerman,” kata Urbach kepada The Sun.

”Dia adalah seorang anak ketika film ini, jauh sebelum kekejaman Nazi menjadi dikenal secara luas. Tapi Edward sudah menyambut rezim (Nazi) saat dia sebagai Prince of Wales pada tahun 1933 dan tetap pro-Nazi setelah perang pecah pada tahun 1939,” lanjut dia.

Film berdurasi sekitar 18 detik itu membuat marah Istana Buckingham. ”Ini mengecewakan bahwa film diambil delapan dekade yang lalu dan tampaknya itu arsip pribadi keluarga telah diperoleh dan dimanfaatkan dengan cara ini,” bunyi pernyataan Istana Buckingham melalui seorang juru bicara, seperti dilansir Russia Today, Sabtu (18/7/2015).

Pihak The Sun menolak menjelaskan, bagaimana cara mereka memperoleh arsip film dokumenter itu. (Sindo/infoduniamiliter)

Link: http://bit.ly/1Md4vjr
Pin It!

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top