Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Sejarah

Senin, 08 Februari 2016

34 Kelompok Jihad Internasional Gabung ke IS, PBB Ketar Ketir

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Ban Ki-moon mengatakan, 34 kelompok militan global di seluruh dunia dilaporkan telah bergabung atau berjanji setia kepada Islamic State (IS) pada pertengahan Desember lalu.

"Kelompok-kelompok militan dari Filipina, Uzbekistan, Pakistan, Libya dan Nigeria telah berjanji setia, sehingga menjadikan IS ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Ki-moon seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (6/2/2016).

"Dalam waktu kurang dari dua tahun, IS telah mencaplok sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah. Mereka mengelola, menguasai struktur birokrasi yang menghasilkan pedapatan yang cukup fleksibel dan beragam untuk mengkompensasi penurunan pendapatan dari satu aliran pendapatan," katanya.


Ki-moon mengungkapkan, terbaru IS melebarkan pengaruh di barat dan utara Afrika, Timur Tengah, selatan dan tenggara Asia. Hal ini menunjukkan kecepatan dan skala di mana gravitasi dari ancaman IS telah berkembang hanya dalam 18 bulan.

"Pada tahun 2016 dan seterusnya, negara-negara anggota PBB harus mempersiapkan untuk peningkatan lebih lanjut jumlah teroris asing yang bepergian ke negara-negara lain atas instruksi dari IS," tukas Ban. (atjehcyber/kabarduniamiliter)
Pin It!

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top