Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Sejarah

Jumat, 10 Juni 2016

AS Tetapkan Liwa Syuhada Yarmouk Sebagai Teroris

WASHINGTON Amerika Serikat (AS) pada Kamis (9/6/2016) menyatakan bahwa kelompok mujahidin Suriah yang dikenal dengan nama Yarmuk Martyr's Brigade (YMB) atau Liwa Syuhada Yarmouk sebagai ancaman terorisme global.
Karena itu, YMB pun kemudian dimasukkan oleh Amerika dalam daftar teroris global. YMB beroperasi di perbatasan Suriah dengan Yordania dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Zionis Israel. AS menuduh YMB telah menculik sejumlah pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
"YMB dibentuk pada Agustus 2012 di Deraa, Suriah dan melancarkan serangan di penjuru Suriah selatan," kata Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Amerika.
Pada tahun 2014, Liwa Syuhada Yarmouk atau YMB awalnya dihubungkan dengan cabang Al-Qaeda di Suriah, Jabhah Nusrah (JN). Akan tetapi karena ada penyimpangan yang dilihat oleh para mujahidin YMB dari pemimpin JN, maka mujahidin YMB kemudian menyatakan berbaiat kepada Daulah Islam/Islamic State (IS).
"Sehubungan dengan penunjukkan tersebut, semua properti di dalam yurisdiksi AS yang melibatkan YMB diblokir" menurut pernyataan kementerian yang dikutip kantor berita AFP. "Dan warga AS secara umum dilarang terlibat transaksi dengan YMB," lanjut pernyataan tersebut.
Menurut daftar itu, Liwa Syuhada Yarmouk atau YMB bertanggung jawab terhadap sejumlah serangan ke wilayah Israel dan dua penculikan massal pasukan perdamaian PBB asal Filipina di Golan pada tahun 2013. Tentara-tentara itu kemudian dibebaskan setelah perundingan. [SS/manjanik/kabarduniamiliter]
Pin It!

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top