Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Anshar Al-Sharia merupakan kelompok jihadis yang eksis di Yaman, Sebelumnya kelompok ini berafiliasi dengan Al-Qaeda yang dipimpin oleh Syeikh Ayman Azhawahari. Ketika IS mengumumkan penegakan khilafah di wilayah yang dikuasainya, Al-Qaeda pusat langsung menolaknya karena pengumuman ini tanpa melibatkan persetujuan petinggi Al-Qaeda. Sikap Al-Qaeda pusat itu berbeda dengan Al-Qaeda Yaman yang bersikap pertengahan antara menerima dan menolak. Al-Qaeda Yaman saat itu belum memutuskan sikapnya, namun dalam banyak kesempatan memuji keberhasilan IS.

Sudah bisa ditebak, akhirnya Al-Qaeda Yaman yang menamakan diri sebagai Anshar Al-Sharia Yaman membaiat Abu Bakar Al-Baghdady dan membatalkan baiat terhadap pimpinan Al-Qaeda, Syeikh Ayman Azzhawahiri. Hal ini menunjukkan bahwa satu persatu sekutu Al-Qaeda mulai meninggalkan pemimpinnya dan memilih beraliansi dengan Islamic State (IS). Sebelumnya afiliasi Al-Qaeda di Nigeria, "Jamaah Ahlusunnah Liddakwah wal jihad" atau yang disebut barat sebagai "Boko Haram" juga berbaiat kepada pimpinan Islamic State, Abu Bakar Albaghdady. Begitu juga dengan sejumlah pimpinan Taliban, namun tidak secara organisasi. Kedepan diperkirakan Al-Shabab, afiliasi Al-Qaeda di Somalia juga akan bersikap sama jika Al-Qaeda dan IS tidak kunjung bersatu. 

Pembaiatan Al-Qaeda Yaman ini akan sangat berdampak terhadap kekuatan IS. IS akan bertambah kuat dan ini artinya wilayah yang dikuasai oleh Anshar Al-Sharia akan menjadi wilayah IS di Yaman. Bagi Anshar Al-Sharia hal ini juga menguntungkan karena dengan beraliansi dengan IS, Anshar Al-Sharia akan mendatkan bantuan uang dan persenjataan yang sangat besar, mengingat IS adalah salah satu negara terkaya di timur tengah karena hasil minyaknya. Dengan bantuan IS, maka kekuatan Anshar Al-Sharia akan bisa dikerahkan untuk mengalahkan militant syiah Houthi yang baru meng-kudeta negri tersebut.

Saat ini selain menguasai sebagian besar Irak dan Suriah, IS eksis di banyak negri. Seperti di Nigeria, Mesir, Palestina, Yaman, Afghanistan, Libya, dll. 

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top