Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengklaim telah melakukan uji coba rudal balistik dari kapal selam. Langkah ini disebutnya sebagai sebuah 'kesuksesan yang membuka mata'. Dengan teknologi yang mereka punya, pemimpin Korut ini mengklaim bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyerang Korea Selatan dan Amerika Serikat kapan saja.

Seperti dilansir AFP, Minggu (24/4/2016), media lokal setempat melaporkan AS bersama Inggris mengatakan dengan jelas bahwa peluncuran rudal tersebut melanggar resolusi dewan keamanan PBB. Mereka meminta negara tersebut untuk menahan diri untuk melakukan langkah lanjutan karena dapat merusak sejumlah kawasan.

Menteri Pertahanan Korea Selatan mengatakan rudal tersebut sebagai sebuah kegagalan. Karena saat dilepaskan dari kapal selam di Laut Jepang misil tersebut terbang hanya sejauh 30 kilometer atau sekitar 18 mil. Untuk disebut sukses rudal harus dapat terbang sejauh 300 kilometer.

Namun Korut seperti diberitakan kantor berita Korut KCNA, bersikeras mengatakan bahwa tes yang disebut dimonitor langsung oleh Jong Un ini memiliki 'kehandalan sistem peluncuran misil bawah laut'. Disebutkan juga bahwa pemimpin Korut itu mengatakan bahwa Pyongyang saat ini telah mampu menyerang wajah boneka Korea Selatan dan imperialis AS kapan saja.

"Kesuksesan yang membuka mata semua pihak ini merupakan satu lagi hadiah berharga dari ilmuwan pertahanan dan para teknisi untuk pemimpin dan partai," ujar Kim Jong Un menambahkan.

Sebuah gambar dari televisi nasional setempat memperlihatkan Kim sedang berada di atas dek kapal selam sebelum menyaksikan tes melalui teropong lalu mengadakan pertemuan dengan kru serta ilmuwan. Beberapa gambar memperlihatkan misil tersebut dengan 'The North Star' yang termampang badan misil, melambung keluar dari dalam air dan terbang ke langit, meninggalkan segumpal besar asap di atas permukaan laut.

(rni/mad/detik/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top