Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Negara Islam (IS) provinsi Sinai merilis foto yang diklaim sebagai bom yang menyebabkan jatuhnya pesawat Rusia di Semenanjung Sinai Mesir bulan lalu dan mengatakan mereka menarget pesawat itu karena pemboman udara oleh Moskow di Suriah.
Foto yang muncul di Dabiq, majalah resmi berbahasa Inggris Islamic State, menunjukkan kaleng kuning minuman soda Schweppes Gold, yang dikatakan berisi bom rakitan yang disimpulkan penyidik Rusia dan Barat membuat jatuh Metrojet Airbus, menewaskan ke semua 224 orang di dalamnya.
IS sebelumnya mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, pernyataan yang dikukuhkan Gedung Putih hari Rabu (18/11). Juru bicara Gedung Putih menyatakan, meskipun belum ada kesimpulan dari penyidik Mesir, "kami menilai, kemungkinan ini adalah serangan teroris IS."
Pernyataan itu menambahkan, peningkatan langkah-langkah keamanan akan berlanjut dan bahwa Amerika akan bekerja sama erat dengan mitra-mitra untuk menemukan pelaku serangan itu dan "menyeret mereka ke pengadilan."
Majalah IS itu mengklaim, jihadis semula berencana menjatuhkan pesawat koalisi pimpinan Amerika yang melakukan serangan udara terhadap pejuang IS di Irak dan Suriah. Tetapi, menurut Dabiq, jet penumpang Rusia menjadi sasaran setelah Rusia mulai melancarkan serangan udara September lalu terhadap kelompok pemberontak Suriah yang memerangi pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad.
Dabiq juga menunjukkan apa yang tampak seperti detonator dan tombol dengan latar belakang biru dan foto paspor yang dikatakan milik orang Rusia yang tewas dalam bencana 31 Oktober dan diambil dari reruntuhan pesawat di gurun Sinai.
Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi hari Rabu menyetujui langkah-langkah baru keamanan penerbangan, tetapi tidak mengungkapnya, sebagai langkah pertama menuju dimulainya kembali penerbangan antara kedua negara.
Kedua pemimpin berbicara melalui telepon sehari setelah Rusia menyimpulkan bahwa bom menyebabkan jatuhnya pesawat, tidak lama setelah lepas landas dari kota wisata Sharm el-Sheikh menuju St. Petersburg. [ka/voa/infoduniamiliter]
Link:  http://www.infoduniamiliter.com/2015/11/bom-kaleng-soda-ini-mampu-hancurkan.html

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top