Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Brussels - Seorang menteri Israel menyindir Belgia yang dianggap gagal memerangi jihadis. Komentar ini terkait ledakan bom Brussels yang menewaskan 31 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

"Jika di Belgia, mereka terus makan cokelat, menikmati hidup dan berpawai sebagai kaum liberal dan demokrat yang hebat, namun tidak menyadari fakta bahwa beberapa warga muslimnya merencanakan aksi teror, mereka tidak akan mampu melawan teror," sindir Menteri Intelijen Israel, Yisrael Katz, kepada radio Israel dan dilansir AFP, Kamis (24/3/2016).

Tiga dari empat pelaku masuk ke terminal keberangkatan bandara Brussels, pada Selasa (22/3) pagi, dengan membawa bom tanpa terdeteksi. Dua pelaku di antaranya meledakkan diri di tengah ratusan penumpang yang hendak check-in di terminal tersebut. Satu pelaku lainnya kabur setelah meninggalkan bom di bandara dan masih diburu hingga kini.

Otoritas Belgia tidak menanggapi langsung sindiran menteri Israel itu. Namun kritikan dari negara tetangganya, Prancis, memicu kemarahan Belgia. Menteri Keuangan Prancis, Michel Sapin, menuding otoritas Belgia naif karena tidak mencegah penyebaran ekstremisme Islam di wilayahnya.

"Saya pikir ada... kekurangan tekad, di kalangan beberapa otoritas (Belgia)... mungkin juga semacam kenaifan," sebut Sapin dalam komentarnya pada Selasa (22/3) waktu setempat.

"Mereka pikir untuk mendorong persatuan yang baik, masyarakat harus dibiarkan berkembang sendiri. Kita tahu... itu bukan jawaban yang benar. Ketika masyarakat dalam bahaya sektarian, kita seharusnya menerapkan kebijakan integrasi," imbuhnya kepada televisi Prancis, LCI.

Menanggapi kritikan Sapin itu, politikus Belgia membalas dengan menyebutnya tidak sopan. "Hal itu sangat tidak pantas ketika orang-orang tengah menderita, tengah terkejut. Kita butuh solidaritas, bukan ceramah," ucap politikus Sosialis Belgia, Laurette Onkelinx.

Secara terpisah, Perdana Menteri Prancis Manuel Valls enggan terseret dalam adu argumen tersebut. "Tidak ingin menceramahi sahabat Belgia kita," ucapnya. 


Seharusnya belgia dan negara eropa lainnya berpikir apa untungnya ikut bersama AS memerangi IS. IS memiliki tentara yang berani matinya tidak tertandingi oleh seluruh tentara manapun di dunia. Ketika negara-negara eropa terus membunuhi warga sipil di Islamic State, maka tidak mungkin IS berdiam diri. Eropa bisa kacau, hancur, ketakutan, pariwisata anjlok, belum lagi anggaran perang yang amat besar. Mengapa eropa tak mendengar saran John Cantile? sangat simpel! yaitu jaga baik-baik perbatasan dan berhenti membunuh muslim.

(nvc/mad/detik/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top