Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Houston - Negara bagian Texas, Amerika Serikat dilanda banjir yang dipicu hujan deras. Sedikitnya lima orang tewas akibat banjir yang mengubah jalanan setempat menjadi danau.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (19/4/2016), lebih dari seribu rumah warga di Harris County, yang termasuk Houston digenangi banjir pada Senin (18/4) waktu setempat. Houston merupakan kota terpadat di negara bagian Texas dan kota keempat terpadat di seluruh AS. Lebih dari seribu petugas penyelamat dikerahkan karena kawasan permukiman dan jalanan digenangi air.

"Ini merupakan petugas (penyelamat) terbanyak yang pernah saya lihat di Texas," ujar Gubernur Texas Greg Abbott dalam konferensi pers.

Dalam keterangannya, Abbott menyatakan situasi darurat telah ditetapkan di sebanyak sembilan distrik di wilayah Texas akibat banjir ini. Abbott memperingatkan banjir ini mungkin akan bertahan selama beberapa hari. Secara terpisah, pejabat politik Harris County menyebut sedikitnya 13 sungai kecil dan kanal yang difungsikan untuk menahan derasnya aliran sungai, malah meluap sehingga berdampak pada banjir yang menggenangi jalanan.

Otoritas medis setempat menyatakan, sedikitnya lima jasad korban telah ditemukan. Otoritas setempat masih memeriksa jasad korban untuk mencari tahu penyebab kematian mereka, apakah karena tenggelam dalam banjir atau karena insiden lain.

Puluhan kuda berhasil diselamatkan dari sebuah kandang di dekat Cypress Creek, semacam sungai kecil. Tayangan televisi bahkan menunjukan beberapa ekor binatang yang terjebak banjir setinggi leher mereka sebelum akhirnya petugas menyelamatkan binatang-binatang itu ke dalam kapal.

Banjir juga melanda jalan raya di kota Houston, termasuk Interstate 10, jalan utama antar negara bagian yang menghubungkan koridor timur dengan barat AS. Wali kota Houston Sylvester Turner menginstruksikan seluruh karyawannya untuk tetap tinggal di rumah masing-masing.

"Ini bukan hari untuk ada di jalanan kota Houston," tegasnya.

Salah satu pusat perbelanjaan setempat beralih fungsi menjadi tempat pengungsian sementara. Lebih dari 40 ribu orang di Houston, tidak mendapat aliran listrik karena cuaca buruk. Sedangkan aktivitas penerbangan di bandara-bandara Texas juga terkena dampaknya. Menurut FlightAware.com, lebih dari 1.200 penerbangan dibatalkan hingga Senin (18/4) sore waktu setempat.

(nvc/asp/detik/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top