Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Damaskus, - Pertahanan Udara Islamic State menangkap seorang pilot Suriah setelah menembak jatuh pesawat tempurnya di wilayah timur Damaskus, Suriah.

Kantor berita Amaq yang terafiliasi IS menyatakan seperti dilansir AFP, Sabtu (23/4/2016), pilot tersebut bernama Azzam Eid, berasal dari wilayah Hama. Disebutkan Amaq, para mujahidin IS menembak jatuh pesawatnya dan menemukan sang pilot selamat setelah terjun dengan menggunakan parasut. Militan IS kemudian membawa pilot tersebut ke tempat yang tidak diketahui.

Rekaman video yang diposting Amaq memperlihatkan bangkai pesawat yang hancur, dengan sejumlah bagian pesawat masih terbakar.

Dalam rekaman tersebut tampak beberapa tentara IS berdiri mengelilingi bangkai pesawat. Mereka menunjuk ke tanda bendera pemerintah Suriah yang jelas terlihat di salah satu sayap pesawat.

Sejauh ini belum ada komentar dari otoritas Suriah mengenai insiden pada Jumat, 22 April waktu setempat itu. Kantor berita pemerintah Suriah, SANA juga belum melaporkan insiden tersebut.

Tentara IS telah menembak jatuh sejumlah pesawat tempur pemerintah Suriah dalam beberapa pekan terakhir. Termasuk insiden di atas kawasan bandara militer Dmeir di dekat ibukota Damaskus dan di provinsi Sweida, Suriah selatan. Namun dalam kedua insiden tersebut, kedua pilot Suriah yang terjun menggunakan parasut berhasil mendarat dengan selamat di zona yang dikuasai rezim Assad. IS memiliki senjata anti pesawat yang didapat dari rampasan perang atau membeli dari pemberontak Suriah yang korup.

Sebelumnya pada Desember 2014, IS menembak jatuh sebuah pesawat tempur Yordania yang menjadi bagian dari koalisi Amerika Serikat memerangi IS. Sang pilot, Maaz al-Kassasbeh pun ditangkap IS dan kemudian dibakar hidup-hidup. Rekaman video kematian pilot Yordania itu diposting IS di internet. Pilot tersebut dibakar karena telah berulangkali meledakkan wilayah padat penduduk sehingga banyak anak-anak yang tewas karena terbakar. (Amaq/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top