Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Ankara, - Sebanyak 18 militan Kurdi tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan Turki. Ini terjadi saat para militan Kurdi itu mencoba kabur ke wilayah Suriah dari kota Nusaybin di perbatasan Turki.

Sumber keamanan Turki mengatakan seperti dilansir kantor berita Reuters,Senin (18/4/2016), pasukan Turki tengah melakukan sweeping di Nusaybin ketika para militan Kurdistan Workers Party (PKK) mencoba mencapai kota Qamishli di wilayah Suriah. Kontak senjata pun tak terhindarkan.

Sebagian besar wilayah Qamishli berada di bawah kendali milisi Kurdi Suriah, YPG, yang oleh pemerintah Turki dianggap sebagai afiliasi kelompok terlarang Kurdi, PKK.

Perihal kelompok YPG ini ditanggapi berbeda oleh pemerintah Amerika Serikat dan Turki. Jika Turki menganggap YPG sebagai organisasi teroris, sama halnya dengan PKK, namun AS sebaliknya. AS yang telah mendukung YPG dalam perang melawan IS di Suriah, tidak menganggap kelompok Kurdi Suriah itu sebagai organisasi teroris. Namun mengenai militan PKK, AS dan Uni Eropa juga menyatakan kelompok Kurdi tersebut sebagai organisasi teroris.

Sebelumnya pada Sabtu, 16 April waktu setempat, 15 militan PKK tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan Turki di Nusaybin, Sirnak dan Yuksekova.

Terkait PKK, pemerintah Turki telah menegaskan tak akan bersedia kembali ke meja perundingan. Otoritas Turki bahkan bertekad untuk menghancurkan PKK. Lebih dari 40 ribu orang telah tewas sejak PKK memulai perlawanan pada tahun 1984. (ita/ita/detik/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top