Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Washington - Ketua Partai Republik Amerika Serikat (AS) Reince Priebus mengumumkan Donald Trump sudah hampir pasti menjadi calon presiden Partai Republik. Hal ini disampaikan setelah pesaing terberat Trump, Ted Cruz, mundur dari pencapresan usai kalah di negara bagian Indiana.

"Donald Trump hampir pasti akan menjadi calon presiden untuk @GOP (Partai Republik), kita semua perlu bersatu dan fokus mengalahkan @HillaryClinton," ucap Priebus melalui akun Twitter-nya, seperti dilansir AFP, Rabu (4/5/2016).

Pernyataan Priebus itu seolah memastikan bahwa Trump akan mewakili Partai Republik dalam pemilihan presiden AS pada November mendatang. Sejauh ini, Hillary Clinton menjadi kandidat terkuat Partai Demokrat, rival Partai Republik. Meskipun di Indiana, Hillary kalah dari pesaingnya Bernie Sanders dengan perolehan 47,5 persen melawan 52,5 persen suara.

Pernyataan itu juga menjadi bentuk dukungan luar biasa, setelah sebelumnya elite Partai Republik berupaya keras menghentikan dan menggagalkan Trump dalam pencapresan. Elite Partai Republik berharap Cruz mampu menghentikan Trump, namun ternyata tidak semudah itu.

Dalam pemilihan awal di Indiana, Selasa (3/5), Trump berhasil mengalahkan dua pesaingnya, yakni Cruz dan Gubernur Ohio John Kasich. Penghitungan menyebut Trump unggul dengan 53,3 persen suara melawan Cruz dengan 36,6 persen dan Kasich dengan 7,6 persen suara.

Harapan Partai Republik pupus setelah Cruz mengumumkan pengunduran dirinya dari pencapresan. "Dengan berat hari, tapi penuh optimisme yang tidak ada batasnya untuk jangka panjang masa depan negara kita, kami menghentikan kampanye kami," tegas Cruz yang menjabat Senator Texas ini kepada para pendukungnya di Indianapolis, Indiana.

Kemenangan di Indiana dan mundurnya Cruz semakin membuat posisi Trump di atas angin. Terlebih satu-satunya pesaing Trump, yakni Kasich, selalu meraup persentase rendah dan ada di posisi buncit dalam sejumlah pemilihan awal Partai Republik.

Sejauh ini, Trump sudah meraup 1.002 delegate yang berarti jalannya menuju Gedung Putih makin terbuka lebar. Delegate merupakan perwakilan partai yang mewakili setiap negara bagian dalam pemilihan awal AS. Setidaknya dibutuhkan 1.237 delegate (dari total 2.472 delegate) untuk memenangi pencapresan Partai Republik dan 2.838 delegate (dari total 2.765 delegate) untuk Partai Demokrat. 


Trump adalah bakal calon presiden AS yang paling ceplas ceplos dan apa adanya. Tidak seperti presiden AS lainnya yang hipokrit, Trump terang-terangan menyatakan permusuhan pada islam, dan melarang muslim masuk ke wilayah AS. Trump juga sepakat dengan penggunaan senjata nuklir pada IS demi merebut minyak di AS. Jika Trump menjadi presiden tentu peperangan IS dan AS akan menjadi semakin seru.

(nvc/detik/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top