Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Informasi yang didapatkan BBC menyebutkan pria yang tampil di video-video eksekusi Islamic State telah diungkap oleh aparat keamanan dan intelijen Inggris.

Pria yang selalu tampil dengan pakaian hitam dan hanya tampak kedua matanya ini biasa disebut Jihadi John oleh media Barat karena fasih berbahasa Inggris.
Berdasarkan informasi yang dihimpun BBC, pria ini bernama Mohammed Emwazi, berasal dari London barat dan memegang kewarganegaraan Inggris.
Emwazi bukan nama asing bagi badan intelijen Inggris namun dalam beberapa bulan ini para pejabat memilih untuk tidak mengumumkan namanya agar tidak mengganggu penyelidikan.
Ia diyakini melakukan perjalanan ke Somalia pada 2006 dan diduga terlibat dalam kegiatan kelompok militan Al Shabab.
Emwazi, yang diperkirakan berusia antara 20-30 tahun, pertama kali tampil di video pemenggalan wartawan Amerika Serikat, James Foley, yang dikeluarkan IS Agustus 2014.
Ia juga tampil di video pemenggalan sandera IS lain seperti Alan Henning dan David Haines.
Bulan lalu ia tampil di video yang memperlihatkan dua sandera Jepang, Haruna Yukawa dan Kenji Goto, sebelum keduanya dibunuh.
Kawan-kawan Emwazi kepada koran The Washington Post, mengatakan bahwa Emwazi berasal dari keluarga berada dan mengambil jurusan komputer saat berkuliah.
Menurut koran ini Emwazi pergi ke Suriah pada 2012 dan kemudian bergabung dengan IS. (Bbc/infoduniamiliter.com)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top