Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah


Syrian Democratic Force (SDF) dikabarkan merebut desa Sheikh Issa di Aleppo dari tangan Free Syrian Army (FSA). Padahal SDF ini adalah milisi yang dibentuk AS sedangkan FSA adalah milisi bentukan Turki dan AS. AS akhir-akhir ini memang lebih memperhatikan SDF ketimbang FSA. AS memberikan senjata kepada SDF lebih banyak dan berhasil merekrut 30rb milisi.

SDF sebelumnya dikerahkan oleh AS untuk merebut Raqqah, ibukota IS. Namun gagal dan entah mengapa justru malah menyerang FSA.

Namun jika ditelisik lebih jauh sebenarnya konflik ini wajar terjadi, sebab anggota SDF mayoritas adalah milisi Kurdi YPG yang merupakan musuh Turki. Sementara FSA sangat pro Turki karena mendapatkan bantuan dari Turki, FSA juga berkoalisi dengan milisi Ahrar Syam yang merupakan milisi yang seideologi dengan Erdogan, presiden Turki.

Seharusnya AS bisa mengendalikan para milisi budaknya di Suriah agar tidak perang sesamanya dan fokus memerangi IS. Namun sepertinya AS akan frustasi jika melihat berita ini. Bisa jadi Obama akan mati gantung diri karena kehabisan strategi dalam melawan Islamic State.  (Almasdad/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top