Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Tokyo - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan berkunjung ke Jepang, pekan ini. Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan hendak mendorong tindakan tegas dari Obama soal maraknya tindak pidana oleh tentara AS yang ditugaskan di Pulau Okinawa.

Pekan lalu, kepolisian Okinawa menangkap mantan personel Marinir AS terkait kematian mencurigakan seorang wanita berusia 20 tahun asal Okinawa, yang dilaporkan hilang sejak April lalu. Wanita muda itu diyakini telah diperkosa dan dibunuh.

Pulau Okinawa sempat menjadi lokasi pertempuran saat Perang Dunia II, namun kini dianggap sebagai wilayah yang strategis di kawasan Asia-Pasifik. Pulau itu menjadi lokasi pangkalan militer AS di Jepang, dengan lebih dari separuh dari total 47 ribu tentara AS yang ada di Jepang, ditempatkan di Okinawa. Sebagai simbolis penjajahan AS pada jepang paska kekalahan jepang pada Perang Dunia.

Namun sayangnya, aliansi yang kuat antara rezim Jepang dengan AS dinodai oleh kasus pemerkosaan, penyerangan dan kecelakaan tabrak-lari yang melibatkan personel militer AS juga warga sipil AS yang bekerja untuk militer AS. Bahkan kasus semacam ini memicu protes warga lokal.

Disampaikan kepolisian Okinawa, seperti dilansir AFP, Senin (23/5/2016), warga AS yang bekerja di Pangkalan Udara Kadena, Kenneth Franklin Shinzato, ditangkap atas tudingan membuang jasad wanita. Kasus itu memicu perhatian pemerintah Jepang.

"Perdana Menteri Abe mengatakan, tindak kriminal rendah seperti ini seharusnya tidak pernah terjadi dan bahwa beliau merasa marah," ucap juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, kepada wartawan setempat.

"Perdana Menteri mengatakan beliau akan menyampaikan sentimen rakyat Jepang kepada Presiden Obama dan mendorong langkah tegas dari Washington (pemerintah AS)," imbuhnya, sembari menyinggung pertemuan PM Abe dengan Gubernur Okinawa Takeshi Onaga, awal pekan ini. Namun rezim Jepang sepertinya tidak punya kuasa apa-apa terkait penempatan puluhan ribu tentara AS tersebut. Jepang telah memang tidak memiliki kedaulatan terkait hal ini, kasihan. (Detik/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top