Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Korea Utara (Korut) diprediksi akan menembakkan rudal jarak jauh pada Oktober 2015 saat ulang tahun ke-70 Partai Buruh. Media Korea Selatan (Korsel), Yonhap, melansir laporan bahwa saat ini Korut sedang menyiapkan landasan peluncuran rudal jarak jauh.

Media itu mengutip sumber di Pemerintah Korsel yang mengklaim menerima informasi perihal persiapan rezim Korut untuk menembakkan rudal jarak jauh. Menurut sumber itu, landasan peluncuran rudal Korut dibanguna di Dongchang-ri, wilayah Korut yang berbatasan dengan China.

Landasan peluncuran rudal itu semula setinggi 50 meter, namun telah ditambah menjadi 67 meter. Proyek ini telah berlangsung sejak tahun 2013.

”Kami percaya bahwa Korut akan menggunakan situs peluncuran (rudal) diperpanjang di Dongchang-ri untuk menembakkan rudal jarak jauh Unha-3,” kata sumber Pemerintah Korsel tersebut, yang dilansir Rabu (22/7/2015). ”Kami pikir (Korut) akan melakukan provokasi saat ulang tahun ke-70 Partai Buruh pada 10 Oktober.”

Pejabat militer dan badan intelijen Korsel percaya landasan peluncuran rudal Korut bisa digunakan untuk menembakkan rudal yang panjangnya dua kali dari ukuran rudal Unha-3.

Korut sejatinya sudah dilarang PBB untuk menggunakan teknologi rudal balistik, namun negara yang dipimpin Kim Jong-un itu mengabaikan larangan PBB.

Pemerintah AS sebelumnya, menyatakan bahwa Korut mempu memasang hulu ledak nuklir pada rudal balisik antarbenua-nya yang dikenal sebagai rudal KN-08. ”Penilaian kami adalah bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menempatkan senjata nuklir pada rudal KN-08 dan menembak (rudal) itu di tanah airnya,” kata Laksamana William Gortney, Kepala Komando Utara AS di Pentagon, seperti dilansir Wall Street Journal.
(mas/sindo/infoduniamiliter)

Link:  http://bit.ly/1gPkvw9

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top