Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Dalam rangka memerangi Daulah Islam/Islamic State (IS), Presiden Rusia, Vladimir Putin meningkatkan keterlibatan Rusia dalam perang di Timur Tengah dengan menurunkan kendaraan tempur lapis baja paling canggih mereka, yakni tank T-90 ke garis depan pertempuran di Suriah.
Seperti dilansir dari The Telegraph pada Jum’at (4/12/2015), informasi ini disampaikan kantor berita rezim Syi’ah Iran, Fars, dan didukung oleh bukti-bukti foto tank yang beredar di sosial media pekan ini. Tank tersebut diduga telah berada di wilayah kekuasaan rezim Syi’ah Bashar Assad di selatan Aleppo.
Tank T-90 itu diturunkan setelah mujahidin IS dan pejuang Suriah lainnya mampu menghancurkan tank-tank Rusia lainnya dengan rudal yang mereka miliki. Tank T-90 dilengkapi dengan tameng peledak, membuat sebagian besar rudal tidak akan bisa mendekati kendaraan lapis baja ini.
Media pro-Assad mengatakan bahwa tank T-990 ini nantinya akan dikendarai oleh pasukan Syi’ah Suriah yang terlatih guna membantu rezim Assad. Namun klaim ini diragukan karena tank tersebut memiliki spesifikasi tinggi sehingga tidak sembarang orang bisa menggunakannya.
Walaupun tank ini juga diturunkan dalam konflik di Ukraina dan Chechnya, namun ini adalah kali pertama T-90 digunakan di medan perang. Para ahli mengatakan, intervensi Rusia dalam perang Suriah malah justru akan memperpanjang konflik di negara itu yang saat ini telah memakan korban jiwa hingga 250 ribu orang.
Penurunan T-90 juga dianggap wujud rasa frustrasi Rusia setelah banyak tank mereka dengan spesifikasi lebih rendah mampu dihancurkan oleh rudal para pejuang Suriah yang dipasok oleh negara-negara Teluk dan Turki.
Selain menurunkan senjata baru, Rusia juga memperluas pangkalan udara mereka di Homs agar bisa menampung lebih banyak lagi jet tempur. Pangkalan udara lainnya di timur Homs juga telah digunakan Rusia untuk markas helikopter tempur, seperti disampaikan oleh lembaga Syrian Observatory for Human Rights.
Kehadiran Rusia di Homs dan Suriah juga diharapkan dapat membantu memeprkuat pasukan Syi’ah Assad untuk merebut kota Palmyra yang dikuasai oleh Islamic State (IS) beberapa waktu lalu. Sudah tujuh bulan IS menguasai kota tua itu, dan menghancurkan banyak tempat kesyirikan. [SS/manjanik/infoduniamiliter]
Link:  http://www.infoduniamiliter.com/2015/12/rusia-kirim-tank-paling-canggih-untuk.html

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top