Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Otoritas Athena menyatakan pesawat-pesawat jet tempur Turki menerobos langit atau wilayah udara Yunani sebanyak 22 kali dalam tempo 24 jam.

Yunani merespons dengan mengerahkan beberapa pesawat tempur untuk mencegat manuver pesawat-pesawat jet tempur Turki. Hal itu sempat memicu ketegangan kedua pihak.

Athena News Agency, kantor berita yang dikelola Pemerintah Yunani pada Selasa (16/2/2016) melaporkan, armada Ankara yang terdiri terdiri dari enam pesawat tempur dan pesawat angkut Angkatan Laut bermanuver di atas kepulauan Aegea Yunani.

Manuver dari Turki itu terjadi pada Senin (15/2/2016). Dua dari enam pesawat tempur Turki dilengkapi senjata. Seorang staf tentara Yunani yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan, dua "dogfights virtual" berlangsung antara pesawat Turki dan Yunani.

Ketegangan di wilayah udara Yunani itu terjadi setelah NATO memutuskan untuk menyebarkan patroli Angkatan Laut di Laut Aegea untuk membantu Turki dan Yunani dalam mencegah penyelundupan dan perdagangan imigran.

Kawasan perairan Aegea menjadi jalur utama para imigran Timur Tengah untuk mencari suaka ke Eropa. Banyak korban berjatuhan, ketika para imigran mencoba mengarungi Laut Aegea saat meninggalkan negara mereka yang dilanda konflik.

Pemerintah Turki belum merespons tuduhan pelanggaran wilayah udara dari Yunani. Kedua negara itu sejatinya sama-sama anggota NATO namun kerap terlibat sengketa teritorial. (Sindo/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top