Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Walau menolak dituding telah berlaku diskriminasi terhadap Muslim Uighur, pemerintah Cina ternyata memang terbukti melakukan itu semua. Dalam hal pengurusan paspor bagi Muslim misalnya, juga warga Tibet. Human Right Watch (HRW), yang berbasis di New York, mengatakan sistem diskriminasi ini membuat warga  Muslim Uighur — serta minoritas lainnya — yang hendak bepergian ke luar negeri harus menunggu sampai dengan waktu lima tahun untuk mendapatkan paspor, ini yang beruntung, sedangkan kebanyakan malah aplikasinya ditolak.

HRW mengatakan tindakan ini dilakukan Beijing untuk mengintensifkan kontrol atas etnis minoritas yang dianggap bisa mengganggu stabilitas Cina. Sophie Richcardson, direktur HRW untuk Cina, mengatakan Beijing bergerak cepat dengan membongkar sistem paspor, dan tidak peduli menerapkan aturan diskriminatif.

Sistem ini, menurut Sophie, membuat penduduk Tibet tidak mungkin lagi mengunjungi Dalai Lama di pengasingan dan Muslim Uighur tidak mungkin lagi bepergian jauh dari wilayahnya.

Kebijakan ini sebenarnya bukan baru. Tahun 2012, pihak berwenang Wilayah Otonomi Tibet menarik semua paspor biasa. Sejak saat itu pemerintah Tibet yang dikendalikan RRC tidak pernah lagi mengeluarkan paspor baru.(rz/eramuslim/infoduniamiliter)

Link: http://bit.ly/1LdaCDr

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top