Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Mexico City, - Sebuah truk yang mengangkut kontainer berisi bahan radioaktif yang berpotensi berbahaya, telah dicuri di Meksiko. Lima negara bagian di Meksiko pun disiagakan menyusul insiden pencurian tersebut.


Badan Koordinasi Perlindungan Sipil Nasional mengeluarkan peringatan siaga ini setelah sebuah perusahaan di negara bagian Queretaro melaporkan, bahwa sebuah truk yang mengangkut bahan radioaktif iridium-192 telah dicuri.



Kementerian Dalam Negeri Meksiko menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (29/2/2016), bahan radioaktif tersebut "bisa berbahaya bagi orang-orang jika tidak ditangani dengan aman" dan bisa menyebabkan "luka permanen atau serius bagi orang yang memegang atau melakukan kontak dengannya". 



Diimbuhkan kementerian, luka tersebut bisa terjadi mulai dari kontak selama beberapa menit hingga beberapa jam.



Otoritas setempat menyatakan, material radioaktif tersebut berisiko bagi kesehatan jika dikeluarkan dari kontainernya, namun tidak berbahaya jika tetap tertutup. Material yang biasa digunakan dalam industri radiografi itu, milik perusahaan Industrial Maintenance Center yang berlokasi di kota San Juan del Rio.



Selain Queretaro, negara-negara bagian Hidalgo, Guanajuato, San Luis Potosi dan Michoacan dalam kondisi siaga usai insiden pencurian radioaktif ini.



Iridium-192 diketahui bisa menyebabkan luka bakar, gangguan radiasi dan luka permanen jika seseorang melakukan kontak dengannya, dan bisa berakibat kematian jika terekspos dengan materal itu selama berjam-jam atau berhari-hari.



(ita/Detik/kabarduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top