Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

POSO - Baku tembak kembali terjadi antara tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Operasi Tinombala 2016 di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang dipimpin oleh Santoso alias Abu Wardah.
Kontak senjata itu terjadi di wilayah Desa Torire, Kecamatan Lore Tengah pada Minggu (28/2/2016) sore. Dalam baku tembak tersebut, 1 anggota MIT dikabarkan gugur. Berbagai sumber mengatakan, anggota MIT yang syahid itu bernama Dodo alias Ponda.
Kontak senjata itu menurut informasi adalah tidank lanjut dari pengembangan baku tembak yang terjadi di Sektor III, Desa Sangginora, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso pada Selasa (9/2/2016) lalu.
Menurut keterangan polisi, saat itu 2 anggota MIT gugur. Sedangkan 1 anggota Brimob Polda Sulteng bernama Brigadir Wahyudi Saputra (WS) tewas setelah mengalami luka tembak di dagu kiri.
Kepala Operasi Daerah Tinombala 2016, Kombes Pol Leo Bona Lubis yang dikonfirmasi via telfon mengatakan, baku tembak itu terjadi dari pukul 18.30 WITA hingga pukul pukul 19.30 WITA. Menurut Leo, baku tembak tersebut diperkirakan melibatkan 20-30 anggota kelompok Santoso.
"Saya masih di Napu, dan pasukan masih terus melakukan penyisiran. Yang jelas, dari hasil penyisiran yang kita lakukan, ditemukan 1 orang meninggal, diduga dari kelompok teroris. Sementara itu, seluruh pasukan gabungan yang terlibat kontak (senjata) selamat," tutur Leo Bina Lubis.
Menurut Leo, setelah kontak senjata di Sangginora, aparat TNI-Polri secara berkesinambungan terus melakukan pengejaran hingga akhirnya baku tembak kembali terjadi di Lore Tengah yang menyebabkan 1 anggota MIT gugur.
"Kontak tembak ini merupakan pengembangan dari upaya kami untuk mengejar kelompok ini pasca-peristiwa di Sangginora," ujar Leo.
Sejauh ini, upaya pemindahan jenazah hingga kini juga masih terus dilakukan oleh tim. Selain medan yang cukup jauh dan berada di tengah hutan, situasi keamanan di sekitar lokasi kontak senjata juga masih terus disterilkan dengan melakukan penyisiran. [GA/kps/dtk]

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top