Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Negara Islam /Islamic State atau dulu disebut ISIS telah menguasai kota al-Baghdadi yang terletak du sebelah barat di dekat pangkalan militer AS, demikian keterangan resmi pemerintah Amerika Serikat.

Juru bicara Pentagon mengatakan, hal ini merupakan pertama kali IS berhasil memperluas wilayah kekuasaannya dalam beberapa bulan terakhir.

Al-Baghdadi, yang berjarak sekitar 8 km dari pangkatan militer AS, telah dikepung selama berbulan-bulan oleh IS yang menguasai sebagian besar wilayah utara dan barat Irak.

Mereka juga menyerang pangkalan udara militer di Ain al-Asad, sekitar lima kilometer dari arah barat daya Al-Baghdadi, Jumat (13/02), tetapi tidak berhasil menguasainya, kata juru bicara Pentagon, Laksamana John Kirby.

John Kirby mengatakan, IS melalui pasukan bom martir mencoba menyerang pangkalan tersebut, kata Kirby.

Ain al-Asad merupakan tempat pelatihan pasukan Irak oleh sekitar 320 prajurit marinir AS.

Sebelum dikuasai IS, al-Baghdadi adalah salah satu dari beberapa kota di provinsi Anbar barat yang dikuasai tentara Irak.

AS memimpin langsung operasi militer melalui serangan udara terhadap kelompok IS, yang merebut sebagian besar Irak dan Suriah tahun lalu. Nampaknya AS tak bisa lagi bersifat pengecut dengan hanya serangan udara. Ekspansi IS yang terus melebar dan semakin kuat memaksa AS dan barat untuk mengambil opsi serangan darat. Akankah pertempuran jantan dimulai? (Bbc/infoduniamiliter.com)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top