Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Milisi Yazidi membunuh 21 warga Arab Sunni di Irak sebagai pelampiasan kekalhan melawan militer IS. Amnesty International menyatakan serangan balas dendam milisi Yaizidi itu berlangsung sejak Januari 2015.

Serangan milisi Yazidi berlangsung di Jiri dan Sibaya, dua desa yang dihuni komunitas Arab Sunni di wilayah Sinjar, Irak utara.

”Hampir tidak satu rumah yang terhindar. Setengah dari mereka yang tewas adalah laki-laki dan perempuan dan anak-anak  cacat,” kata Amnesty dalam sebuah laporan, Rabu (10/6/2015). Kelompok itu mencatat, sekitar 40 orang diculik dan 17 di antaranya masih hilang.

Para saksi mata yang berbicara kepada Amnesty mengatakan seorang ayah kehilangan dua putranya yang berusia 15 dan 20 tahun dalam serangan milisi Yazidi. Ada juga anak 12 tahun yang ditembak empat kali dari belakang tapi masih selamat.

”Kita tidak bisa membayangkan para penyerang akan menargetkan orangtua dan orang sakit, tetapi itu mereka lakukan,” kata salah satu saksi mata yang identitasnya dilindungi Amnesty. Saksi itu kehilangan ayahnya yang berusia 66 tahun karena ditembak mati ketika berada di kursi rodanya.
  
”Hal ini sangat mengganggu untuk melihat anggota komunitas Yazidi, yang telah menderita begitu banyak kekalahan di tangan IS, sekarang mereka melakukan kejahatan brutal yang seperti itu,” kata Donatella Rovera, pensihat senior Amnesty, seperti dilansir Daily Mail.
(mas/sindo/infoduniamiliter )

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top