Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Sekira 22 ribu pasukan Irak dan 25 ribu tentara Peshmerga berencana akan membuat operasi pengambilalihan Mosul pada April dan Mei 2015 dari tangan IS. Mosul merupakan kota kedua Irak yang berhasil dikuasai IS saat serangan kilat pertengahan tahun lalu.

Pejabat di Pusat Komando Militer AS mengatakan pada Kamis (19/2) bahwa pasukan koalisi akan membantu Irak dalam merebut Mosul, seperti dilansiranadolu agency.

Pasukan AS telah terlibat dalam operasi selama berbulan-bulan untuk melatih pasukan Irak menghancurkan kelompok militan. Pertempuran di Mosul tampaknya menjadi ujian bagi pasukan Irak .

Untuk merebut kembali Mosul, pasukan Irak berencana siapkan sekitar 20,000-22,000 pasukan atau setara dengan 12 brigade, kata seorang pejabat Komando Pusat .

Ini akan menjadi pertempuran terbesar sejak awal Operasi Resolve Inherent yang dimulai Agustus tahun lalu. AS menggelar serangan dengan pasukan koalisipasca IS menyapu Irak dan menguasai banyak wilayah.

“Sebagai kekuatan serangan akan ada lima brigade, dan akan ada tiga brigade kecil yang akan terdiri sebagai kekuatan cadangan. Juga ada tiga Pesh (Kurdi) brigade yang akan membantu menyerang dari Utara dan mengisolasi dari Barat,” kata seorang pejabat Irak yang tidak mau disebut namanya seperti dikutip zaman alwasl.

Jika penyerangan itu benar-benar terjadi maka April hingga Mei kemungkinan akan terjadi perang hebat di Irak. Namun jika tidak, bisa jadi Irak dan pasukan Kurdi hanya melancarkan serangan psikologis, alias gertak sambal. Jika sebelumnya 25.000 pasukan irak kocar-kacir hanya oleh 800 pasukan IS, maka apakah kali ini pasukan syiah itu cukup bernyali meghadapi IS yang jauh lebih kuat saat ini?(aa/za/lasdipo)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top