Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (18/2/2015), sebuah video yang dirilis IS menunjukan iring-iringan mobil jenis Toyota Land Cruisers di salah satu jalan Libya. Para pengamat menilai iring-iringan itu berada di Kota Benghazi yang saat ini menjadi salah satu basis islamis.

Mobil tersebut membawa bendera tauhid yg diadobsi IS sambil meneriakan yel-yel anti Israel, dan mendapat dukungan dari penduduk setempat yang kebetulan berada di sekitar iring-iringan mobil IS. Diperkirakan mobil-mobil itu adalah hasil beberapa pertempuran yang dimenangkan.

ISIS telah melebarkan sayapnya hingga Libya. Di negeri tersebut IS memiliki kelompok Ansar al Sharia yang mendukung operasi IS. Ansar al Sharia sebelumnya adalah loyalis Al-Qaeda, namun berbelok menjadi pendukung IS dan telah menjadi cabang resmi IS di Libya. IS Libya telah mengontrol banyak kota di libya, yang itu menjadikannya sebagai wilayah IS diluar Irak dan Suriah.

Pengamat pro barat pun mulai khawatir dengan semakin luasnya jangkauan IS yang tadinya hanya berfokus di Irak dan Suriah.

IS telah mempunyai jaringan di beberapa tempat di antaranya:

1. Mesir dan Palestina dengan organisai Ansar Beit al Maqdis.

2. Libya dan Yaman dengan organisai Ansar al Shariah.

3. Nigeria dengan organisasi Jamaah Ahlusunnah Liddakwah wal jihad (barat menyebut Boko Haram)

(Viva/infoduniamiliter.com)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top