Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah


Kaisar Jepang Akihito mengungkapkan penyeselan mendalam kepada Presiden Filipina Benigno Aquino III atas aksi negaranya selama Perang Dunia II. 

Dalam sebuah pidato di istana Manila, Rabu (3/6/2015) malam, Akihito mengatakan adanya hubungan aktif antara Jepang dan Filipina sejak awal abad ke-20. 

"Namun selama PD II, pertempuran sengit antara Jepang dan Amerika Serikat terjadi di tanah Filipina, yang berujung pada kematian banyak warga sipil," kata Akihito, seperti dikutip AFP

"Ini adalah sesuatu bagi kami, warga Jepang, untuk selalu diingat dengan rasa penyesalan mendalam," sambung dia, berrdasarkan hasil terjemahan resmi Imperial Household Agency.

"Secara khusus, pada peringatan 70 tahun akhir PD II, Saya mengungkapkan rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada semua orang yang tewas pada saat itu," tutur sang kaisar. 

Pernyataan Akihito terlontar seiring persiapan pidato Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe terkait PD II pada Agustus mendatang. Sejumlah pengamat menilai sikap Abe selama ini bertolak belakang dari beberapa PM sebelumnya, yang sudah meminta maaf atas dosa Jepang di zaman perang. Setelah kalh perang, sampai saat ini jepang masih dalam ketiak AS.

(WIL /metrotv)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top