Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah


Tunisia mengumumkan rencana untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan dengan Libya untuk menghadapi ancaman mujahidin.

Tembok sepanjang 160 km itu akan dibangun oleh tentara dan diharapkan selesai akhir tahun 2015, seperti diumumkan Perdana Menteri Tunisia, Habib Essid, lewat stasiun TV pemerintah.

Sebelumnya, seorang pria bersenjata menembaki para turis barat di kawasan wisata ketelanjangan Sousse, akhir Juni, dan menewaskan 39 warga eropa.

Seifeddine Rezgui, yang menggunakan senjata Kalashnikov dalam serangan itu sebelum ditembak mati oleh aparat keamanan, diduga mendapat latihan di Libya.

Setelah serangan tersebut, Tunis sempat memberlakukan keadaan darurat.

Keamanan juga ditingkatkan di kawasan-kawasan wisata dengan pengerahan lebih dari 1.400 petugas bersenjata.

Pekan lalu, PM Essid mengatakan Rezgui kemungkinan mendapat latihan dari kelompok Ansar al-Sharia di Libya yang saat inibtelah melebur dalam Negara Islam (Islamic State). IS di Libya menguasai wilayah yang luas, dimana di dalamnya diterapkan aturan syariah.

Delapan orang sudah ditangkap karena tuduhan membantu Rezgui dan pemerintah mengatakan sudah membongkar jaringan yang dianggap bertanggug jawab atas serangan Sousse.
(Kompas/infoduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top