Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Kekhilafahan Islamic State provinsi Sinai, Mesir mengklaim sudah memengal sandera asal Kroasia, Tomislav Salopek. Hal itu dilakukan IS setelah tenggat waktu yang diberikan pada rezim mesir untuk membebaskan tahanan-tahanan muslimah telah habis. Eksekusi juga dilatarbelakangi keterlibatan Kroasia dalam memerangi IS.

Salopek yang merupakan karyawan perusahaan Geoscience CGG ditangkap IS pada 22 Juli.”Salopek tewas karena negaranya berpartisipasi dalam perang melawan IS,” bunyi keterangan dalam video yang disebar Negara Islam (IS).

Beberapa media Mesir juga melansir foto eksekusi IS terhadap warga Kroasia. Kroasia selama ini memberikan dukungan pada Mesir untuk memerangi mujahidin.

Sejumlah akun Twitter yang terkait dengan IS juga mem-posting sebuah video yang menunjukkan warga Kroasia berusia 30 tahun mengenakan jumpsuit kuning dan berlutut di samping seorang mujahid bertopeng.

Dalam video itu, mujahid bertopeng itu membuat ancaman bahwa Salopek akan dieksekusi jika Pemerintah Mesir tidak melepaskan para perempuan Muslim yang ditahan di penjara Mesir. Hal itu mengacu pada para perempuan pro-Mohammed Morsi, Presiden Mesir yang digulingkan pada 2013 silam.

Kementerian Luar Negeri Kroasia sebelumnya menyatakan upaya Pemerintah Kroasia untuk menyelamatkan Salopek.”Akan menggunakan semua mekanisme yang kita miliki untuk membebaskan sandera,” bunyi pernyataan kementerian itu.

Sementara itu, lembaga ulama plat merah Al-Azhar di Kairo, seperti biasa memenuhi pesanan fatwa penguasa dengan mengutuk pembunuhan yang dilakukan oleh IS.”Tindakan setan terhadap semua (pemeluk) agama dan tradisi manusia yang tidak bersalah,” kata pihak Al-Azhar, seperti dikutip IB Times, Kamis (13/8/2015).
(mas/sindo/infoduniamiliter)

Link:  http://bit.ly/1MncjPh

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top