Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Ledakan bom yang menghancurkan kuil ternama di Bangkok, Thailand berasal dari bom pipa. Kecurigaan mengarah pada kelompok pejuang di Pattani yang saat ini masih dijajah oleh Thailand, namun otoritas setempat meragukannya.

Kuil Erawan yang menjadi target ledakan berada di perempatan jalanan Ratchaprasong, Bangkok yang ramai dan kerap didatangi wisatawan. Pada Senin (17/8) malam waktu setempat saat ledakan terjadi, kuil ini tengah dipenuhi orang dan jalanan di sekitarnya padat kendaraan. 

Belum ada pihak maupun kelompok tertentu yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan ini. Kepala Kepolisian Nasional Thailand, Somyot Poompanmuang menuturkan kepada wartawan bahwa serangan bom semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya. 

Namun, seperti dilansir Reuters, Selasa (18/8/2015), Somyot menyebut ledakan ini dipicu oleh sebuah bom pipa. Dilaporkan bahwa bom ini dipasang di kompleks kuil Erawan. Masih belum diketahui pasti apakah bom ini diledakkan dari jarak jauh atau memiliki pengatur waktu.

Kecurigaan atas insiden ini langsung mengarah pada pejuang yang mendominasi wilayah selatan negara tersebut. Namun selama ini diketahui kelompok pejuang tersebut tidak pernah melancarkan serangan di luar wilayah mereka.

"Ledakan ini tidak sesuai dengan insiden yang biasa terjadi di Thailand bagian selatan. Jenis bom yang digunakan juga tidak biasa digunakan di selatan," sebut Komandan Militer Thailand dan Wakil Menteri Pertahanan Jenderal Udomdej Sitabutr.

Tim kepolisian dikerahkan ke lokasi sejak Selasa (18/8) pagi sambil mengenakan sarung tangan dan membawa kantong plastik untuk mencari petunjuk. "Pengumpulan bukti semalam belum lengkap," ucap Udomdej.(nvc/ita/detik/infoduniamiliter)

Link:  http://bit.ly/1TRcg4k

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top