Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis malam waktu setempat. Tsipras mundur setelah tujuh bulan menjabat sebagai PM di Negeri Para Dewa tersebut.

Melansir Reuters pada Jumat (21/8/2015), pengunduran diri Tsipras ditengarai karena adanya tekanan kuat dari partai oposisi, yakni partai Syriza yang menolak dana talangan asing bagi Yunani. Partai itu berpendapat, dana talangan asing hanya akan memperburuk situasi Yunani yang beberapa waktu lalu telah mengumumkan diri sebagai negara bangkrut.

Tak pelak, pemerintah Yunani pun langsung mengumumkan akan segera menggelar pemilihan umum dalam waktu dekat, untuk mencari pemimpin baru. Pemilu tersebut rencananya akan digelar pada tanggal 20 September mendatang.

Namun, ada satu hal yang unik, pegunduran diri Tsipras memang ditunjukan untuk diadakannya pemilu baru dalam waktu dekat. Tsipras sendiri dilaporkan akan kembali mencalonkan diri sebagai Perdana Menteri Yunani dalam pemilu tersebut. "Tujuannya adalah untuk mengadakan pemilihan pada 20 September," ucap seorang sumber di pemerintahan Yunani.

Sementara itu, dalam pernyatannya, Tsipras mengatakan pengunduran dirinya untuk menunjukan apakah bangsa Yunani masih mempercayai dia sebagai pemimpin atau tidak. Hal itu akan terlihat dalam pemilu kelak, apakah Tsiprasi akan kembali terpilih atau tidak.

"Mandat politik 25 Januari pemilu telah habis batas-batasnya dan sekarang warga Yunani harus mendapatkan apa yang selalu mereka katakan," ucap Tsipras.

Menjelang pengumuman pengunduran diri Tsipras, Yunani sendiri sejatinya baru saja mendapatkan dana talangan asing tahap tiga, guna mengembalikan kondisi ekonomi itu seperti semula. (sindo/infoduniamiliter)

Link:  http://bit.ly/1J9RcvF

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top