Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan yang dirilis di website mereka menegaskan telah menarik diri dari Forum Konsultasi Konvensi Angkatan Bersenjata Eropa atau CFE. Pernyataan ini menandai berakhirnya keterlibatan Rusia dari forum itu setelah lebih dari 20 tahun turut berpartisipasi.
 
Melansir Sputnik, Rabu (11/3/2015), Rusia sejatinya sudah mulai berencana untuk menarik diri dari konvensi ini sejak tahun 2007 lalu. Presiden Rusia, Vladimir Putin sejak tahun 2007 sudah membuat moratorium mengenai penangguhan keterlibatan mereka dalam CFE.
 
"Rusia sudah membuat keputusan untuk menghentikan partisipasinya dalam pertemuan kelompok konsultan sejak tanggal 11 Maret 2015. Dengan demikian, keputusan Rusia untuk menarik diri dari CFE yang tercantum dalam moratirum tahun 2007 sudah sepenuhnya terlaksana," tulis Kementerian itu dalam pernyataannya.
 
Negeri Beruang Merah itu menyatakan, alasan mereka mundur dari forum itu karena menurut mereka hal ini sudah tidak lagi relevan saat ini. Terlebih dengan kebijakan NATO yang terus menerus memperluas dan menambah pangkalan militer mereka. Dalam pandangan Rusia, NATO sudah tidak tertarik lagi dalam perjanjian di CFE dan lebih tertarik untuk memperbesar aliansi.
 
Mereka juga mengatakan, mahalnya ongkos yang dibutuhkan untuk melakukan pertemuan ini menjadi alasan lain mengapa mereka mengundurkan diri dari konvensi itu. Rusia memang saat ini tengah didera krisis ekonomi, yang diakibatkan oleh sanksi-sanksi yang dijatuhkan Barat dan Eropa terhadap mereka.
 
"Dalam kondisi saat ini, Rusia menganggap keikusertaan dalam konvensi ini sudah tidak lagi relevan karena alasan politik praktis dan juga karena mahalnya ongkos yang dibutuhkan. Menurut kami tidak masuk akal dari sudut pandangan keuangan dan ekonomi," kementerian itu menambahkan mengutip pernyataan Delegasi Rusia di CFE. (Sindo/infoduniamiliter.com)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top