Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Secara keseluruhan, memang, tentara Rusia tak terlihat terlalu berbeda dari pasukan Soviet: mereka mengenakan topi pada musim dingin, topi dengan penutup telinga pada musim panas, mantel tunik dan jaket khaki, celana yang sama, serta bot terpal. Banyak pakar yang mengkritik kelemahan seragam pasukan dalam kondisi tempur modern. Namun, reformasi skala penuh direnungkan selama beberapa tahun sebelum akhirnya diterapkan pada akhir 2000-an. Rusia mengajak perancang pakaian militer dan sipil sekaligus, termasuk dari dunia mode.
Seragam Tentara Modern
Pola terbaru seragam tentara sangat jauh berbeda dari rancangan seragam di masa lalu. Pertama, diputuskan untuk memindahkan lencana tanda pangkat ke dada dan lengan, sebagai solusi atas dilema tak berkesudahan terkait kehadiran tanda pangkat yang memudahkan musuh mengenali para perwira senior. Perubahan ini hanya berlangsung beberapa tahun, sebelum akhirnya hal itu ditentang dan tanda pangkat pun dikembalikan ke posisi awal. Namun, sebagian besar perubahan lain tetap dipertahankan.

Untuk menggantikan jaket tunik yang digunakan sehari-hari dalam kondisi nonlapangan, 'pakaian kantor' berupa jaket ringan dan celana panjang diperkenalkan. Gaya topi berubah dan penutup kepala bertambah dengan kehadiran baret, yang sebelumnya hanya dikenakan oleh angkatan udara dan angkatan laut. Topi musim dingin dipadukan dengan tutup Velcro yang dapat mengencangkan bagian belakang atau di bawah dagu. Pucuk topi para pejabat militer diubah secara signifikan menjadi seperti seperti yang digunakan oleh pejabat kekaisaran dan komandan Soviet pada Perang Dunia II.Seragam tentara dibuat dengan beragam jenis bahan dan lapisan. Rusia mengeluarkan tiga tipe mantel tentara, satu untuk cuaca hangat, satu jaket tahan air, dan satu mantel berbahan polyester.

Demonstrasi "Ratnik", Moscow Region, 2012.  Foto: Alexey Filippov / RIA Novosti
Pasukan harus menanggalkan beberapa elemen tradisional seragam, termasuk sabuk kulit dan gesper kuningan, bot terpal yang gagah, serta pengikat kaki yang telah digunakan selama berabad-abad dan menjadi unsur kunci dalam dongeng prajurit Rusia. Melengkapi semua perubahan menuju modernisasi, ritsleting plastik akhirnya digunakan untuk menggantikan kancing.
Melangkah Maju di Bawah Tatapan Tradisi
Ketika seragam militer dan perlengkapan tentara berevolusi semakin dekat pada visi futuristik yang digambarkan para penulis kisah fiksi ilmiah, ciri khas tradisional seragam masih tetap dipertahanankan di banyak militer dunia dan menjadi benda pusaka peninggalan masa lalu.
Kini, setelah 300 tahun berevolusi, seragam tentara Rusia merupakan salah satu seragam kontemporer terbaik yang masih mempertahankan beberapa elemen dari Soviet dan era kekaisaran. Tunik militer kembali berwarna biru laut, seperti masa sebelum revolusi. Sulaman daun pada kerah jas dan tanda pangkat emas juga melengkapi kejayaan masa lalu. Para pengunjung Kremlin Moskow bahkan dapat melihat para tentara dari Resimen Kepresidenan yang masih mengenakan seragam penjaga model abad ke-19.

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top