Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Negara Islam (IS) merebut pos perbatasan terakhir yang menghubungkan Suriah-Irak, yang selama ini dikuasai tentara yang setia kepada pemerintah di Damaskus / Bashar Assad.
Informasi yang diperoleh organisasi yang memantau hak asasi manusia di Suriah (SOHR) menunjukkan tentara pemerintah mundur dari al-Tanf, biasa disebut pos penyebarangan al-Waleed oleh warga Irak, ketika milisi IS bergerak dan masuk ke kawasan.
Wartawan BBC di Baghdad mengatakan ada tiga titik penyeberangan antara Suriah-Irak dan ketiga-tiganya sekarang dikuasai IS, yang berarti Negara Islam makin leluasa mengatur atau mengirim pasok dari Irak ke Suriah dan sebaliknya.
Sehari sebelumnya Tentara IS merebut kota kuno Suriah, Palmyra, memicu kekhawatiran barat terhadao berbagai peninggalan sejarah penting di kota ini akan dihancurkan oleh IS. IS akan menghancurkan segala jenis patung dan memelihara bangunan lainnya.
Kekhawatiran barat ini didasarkan pada aksi IS menghancurkan patung pada situs-situs kuno dengan nilai sejarah yang tinggi di Irak.
SOHR mengatakan IS sekarang menguasai lebih dari 95.000 kilometer persegi wilayah Irak atau lebih dari 50%.
IS sudah merebut Provinsi Deir al-Zour dan Raqqa dan praktis menguasai Hasakeh, Aleppo, Homs, dan Hama.
Di Irak, IS merebut kota penting Ramadi di Provinsi Anbar setelah terlibat kontak senjata sengit selama beberapa pekan. (Bbc/infoduniamiliter )

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top