Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Islamic State pada Rabu malam (3 Rajab), mengumumkan kontrol penuh atas kota besar Palmyra atau Tadmur di bagian Timur Homs. Dengan dikuasainya kota bersejarah di masa imperium Romawi ini, Khilafah / IS telah menaklukkan dan membebaskan tiga buah kota di wilayah padang pasir Suriah tersebut selama satu pekan terakhir.
“Junud Daulah Islamiyyah menguasai penuh kota setelah menjepit pertahanan pasukan Nushairiyyah di Palmyra dari dua arah, Utara dan Selatan, kemudian menggempurnya dari arah Timur Laut yang memakan waktu lima hari pertempuran,” reporter Azzam Media melaporkan.
“Satu per satu pertahanan rezim berjatuhan, dari markas militer, hajiz atau pos checkpoint, hingga akhirnya Tentara Nushairiyyah menyerah dan pergi meninggalkan pusat kota, memberikan ruang bagi Mujahidin untuk menaklukkan semua teritorial Palmyra,” imbuhnya.
“Dengan jatuhnya kota ini, terbuka lebar pintu-pintu bagi Daulah Islamiyyah untuk memasuki semua kota besar dan semua provinsi di Suriah, diantaranya Hamah, Homs, dan Damaskus, dan memulai penaklukan atasnya. Karena letak Palmyra tepat berada di tengah negeri Syam ini.”
Selain berhasil menguasai teritorial kota, Khilafah juga merebut kontrol atas 60% kompleks kilang minyak Jazl, yang notabene fasilitas produksi minyak paling produktif dan kaya sumber daya di wilayah Homs. Darinya pula, sebagian besar sumber daya listrik Suriah dihasilkan.  [shuhayb/fudhail/azzammedia /infoduniamiliter )

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top