Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Lembaga kebudayaan PBB mengatakan, Senin, penghancuran patung-patung pada situs warisan di wilayah konflik oleh IS dan pejuang lainnya dapat dianggap sebagai kejahatan perang.
Komite Warisan Budaya UNESCO, yang bertemu di Bonn, mengangkat penghancuran kota kuno Hatra di Irak oleh Negara Islam (IS) dan menyatakan "kekhawatiran yang mendalam" terhadap kota warisan arkeologi Palmyra, yang diduduki oleh IS sejak bulan Mei. Keduanya termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.
"Serangan-serangan dengan sengaja terhadap bangunan-bangunan yang diperuntukkan bagi kepentingan agama, pendidikan, seni, sains ataupun kegiatan amal dan monumen-monumen bersejarah bisa disebut sebagai kejahatan perang," ujar komite tersebut.
Di bulan April, Jaksa Mahkamah Kriminal Internasional Fatou Bensouda mengatakan ia menerima berbagai tuduhan yang luas di Suriah dan Irak oleh IS, demikian pula dengan "pengrusakan terhadap properti budaya," tapi mengatakan ia membuka penyelidikan karena baik Suriah maupun Irak tidak menjadi anggota mahkamah ini, dan para tentara asing yang dicurigai terlibat tidak berperingkat cukup tinggi untuk diajukan ke pengadilan.
Dalam resolusinya, UNESCO mengatakan "sangat terkejut" dengan serangan bertubi-tubi oleh IS dan pejuang lainnya yang "ditujukan menghancurkan keanekaragaman budaya melalui penargetan"
UNESCO menambahkan dalam resolusi, keprihatinan lembaga ini terhadap meningkatnya jumlah ancaman terhadap warisan budaya melalui penjarahan dan penggalian ilegal "yang dapat dengan serius membahayakan warisan budaya yang tidak tergantikan, seperti situs-situs Warisan Dunia UNESCO di Afghanistan, Irak, Libya, Mali, Suriah dan Yaman. Sayangnya PBB tidak bisa berbuat apa-apa terhadap AS dan Israel yang telah membunuhi jutaan muslim. Hal ini menimbulkan tanda tanya 'apakah PBB lebih mementingkan patung daripada nyawa manusia?'
UNESCO juga memperingatkan bahwa situs warisan dunia alami seperti di Niger, Kongo, Republik Afrika Tengah dan Pantai Gading dirudung oleh berbagai masalah "yang akan terus berlanjut setelah berakhirnya konflik." (bbc/infoduniamiliter)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top