Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah


Rusia dikabarkan akan mengirimkan pesawat tempur supersonik berjenis Tupolev Tu-22M3 ke wilayah Crimea. Ini merupakan bagian dari respon Rusia atas penumpukan pasukan dan senjata Amerika Serikat (AS) dan NATO di Eropa timur, dan juga penempatan sistem pertahan udara AS di wilayah yang sama.

Rusia memang dikabarkan akan menerima enam pesawat Tupolev Tu-22M3 pada akhir tahun 2015 mendatang. Namun, sampai saat ini Departemen Pertahanan Rusia masih belum angkat bicara mengenai tanggal pasti datangnya pesawat tersebut, dan apakah pesawat tersebut akan langsung dipakai untuk patroli di langit Crimea.

Tupolev Tu-22M3 merupakan pengembangan dari pesawat Tupolev Tu-22, yang sudah digunakan Rusia sejak tahun 1969, atau sejak era Uni Soviet. Sesuai dengan namanya, pesawat ini dikembangkan oleh perusahaan pembuat pesawat Rusia, OKB Tupolev.

TIpe 22M3 mampu menempuh jarak hingga 4.300 mil atau sekitar atau sekitar 7.000 Km, dan memiliki radius pertempuran hingga 3.000 Km. Pesawat ini dilengkapi dengan rudal Raduga Kh-22, yang merupakan rudal anti-kapal jarak jauh, dan Raduga Kh-15 yang merupakan rudal permukaan udara.

Rusia sendiri dikabarkan mengeluarkan dana yang sangat besar untuk mengembangkan pesawat super canggih ini. Negeri Beruang Merah itu disebut-sebut merogoh kocek hingga USD 400 miliar untuk mengembangkan pesawat ini, dan rencananya semua pesawat akan rampung pada tahun 2020 mendatang.

Jet super Rusia ini pertama kali menampakan diri saat parade militer besar-besaran saat perayaan hari kemenangan Rusia atas Nazi, beberapa waktu di Lapangan Merah, Moskow.

AS dan NATO sendiri saat ini memang tengah meningkatkan kegiatan mereka di wilayah Eropa timur. Satu yang terbaru adalah, mereka melakukan latihan gabungan dengan 16 negara lainnya di wilayah Ukraina timur, yang saat ini masih terjebak konflik.

(esn/sindo/infoduniamiliter)

Link: http://bit.ly/1CYehUT

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top