Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

KIEV - Situasi di Ukraina semakin memanas, setelah Amerika Serikat (AS) memberi sinyal untuk memasok senjata mematikan kepada Ukraina. Para ahli mengkhawatirkan Ukraina akan menjadi medan perang besar antara AS dan Rusia.

Kemarin, kelompok separatis juga mengobarkan perang besar dengan memobolisasi sekitar 10 ribu pasukan dalam tempo 10 hari. Ukraina terus menuding separatis di Ukraina timur yang semakin kuat didukung penuh Rusia. Ukraina memberi contoh, senjata dan seragam besi yang dipakai separatis adalah milik Rusia. Tank-tank tempur yang dipakai separatis, menurut Ukraina juga berasal dari Rusia.

Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, telah melobi parlemen AS agar Washington memasok peralatan militer ke Kiev.”Seseorang tidak bisa memenangkan perang dengan selimut. Dan tidak bisa menjaga perdamaian dengan selimut,” kata Poroshenko. (Baca juga: Amerika Beri Sinyal Pasok Senjata ke Ukraina)

Semalam muncul laporan yang dirilis delapan delapan mantan pejabat senior AS, bahwa sudah waktunya bagi Washington untuk menyediakan bantuan senilai US$ 3 miliar dalam bentuk peralatan militer kepada Ukraina.

”Ada risiko nyata sekarang bahwa kita akan berakhir dalam perang dengan Rusia,” kata Fiona Hill, pakar dari Brookings Center di Washington.

”Sejauh (Presiden Rusia) Vladimir Putin khawatir bahwa kita (AS) sudah dalam satu misi, perang ekonomi dan keuangan, dan jika kita mulai mengirim senjata (ke Ukraina) maka kita telah membuat pijakan,” lanjut Hill.

Nick de Larrinaga, editor editor IHS Jane’s Defence Weekly di London, mengatakan ada ada risiko yang membuat AS benar-benar berhadapan dengan Rusia di Ukraina.

”Konflik sedang digambarkan oleh Kremlin untuk berdiri ke arah Barat, dengan menganggap Kiev (Ukraina) adalah pion dari NATO,” kata Larrinaga, seperti dikutip news.com.au, Selasa (3/1/2015). ”Menyediakan bantuan mematikan akan memenuhi ramalan itu, dan bahkan bisa membuat posisi Rusia mengeras.”

Rusia belum merespons sinyal AS yang akan memasok senjata mematikan ke Ukraina. Tapi, jauh hari Moskow sudah memperingatkan Washington akan ada risiko besar jika Ukraina dipasok senjata mematikan. (Sindo/IDM)

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top