Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengaku bersiap-siap untuk menyebarkan pesawat jet tempur siluman F-22 Raptor ke Eropa. Langkah itu diklaim sebagai komitmen untuk menjaga keamanan dan stabilitas semua sekutu AS dari potensi ancaman Rusia.

AS telah waswas dengan nasib para sekutunya di Eropa setelah menuding Rusia sebagai biang krisis Ukraina.

“Penyebaran dijadwalkan terjadi segera,” kata Sekretaris Angkatan Udara Pentagon, Deborah Lee James, Senin, yang dilansir Russia Today, Selasa (25/8/2015). Dia menggambar, penyebaran pesawat jet tempur siluman F-22 Raptor AS itu sebagai bagian dari “European Reassurance Initiative”.

James mengatakan, langkah itu untuk mendukung kebutuhan komandan pejuang di wilayah Eropa. Menurut James, kegiatan militer Rusia di Ukraina terus menjadi perhatian besar bagi AS dan sekutu Eropa-nya.

Penyebaran pesawat jet F-22 itu, kata dia, jadi poin kuat komitmen AS terhadap para sekutunya. Dia lantas mengutip pernyataan Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter terkait sikap AS dalam menghadapi Rusia. ”Pendekatan kami ke Rusia harus kuat dan perlu diimbangi,” kata James menirukan Carter.

Ditanya lokasi dan waktu pasti penyebaran pesawat tempur AS itu, James enggan menyebutnya. ”Untuk alasan keamanan operasional, kami tidak bisa berbagi dengan Anda soal tanggal yang tepat atau lokasi penyebaran ini,” katanya.

Pesawat jet tempur siluma F-22 adalah pesawat generasi kelima. Pesawat tempur ini mampu menjatuhkan bom presisi pada target yang jauhnya hingga 15 mil. (sindo/infoduniamiliter)

Link:  http://bit.ly/1LwtOeG 

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top