Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Islamic State (IS) pada Kamis (18/6/2015) menyatakan telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur Irak di Kota Ramadi, Provinsi Anbar.

Klaim IS itu disampaikan melalui Twitter. IS mengklaim sudah menembak jatuh pesawat tempur Irak tipe Su-25 buatan Rusia.

Alasan pesawat tempur Irak ditembak jatuh militan IS, karena pesawat itu melakukan serangan di wilayah utara Ramadi, yang merupakan jantung kota warga Sunni.

Klaim IS itu belum bisa diverifikasi secara independen. Namun, kelompok Sahwa (shahawat), kelompok lokal yang membantu pemerintah Irak dalam memerangi IS, seperti dikutip Reuters ,juga membenarkan adanya pesawat tempur Irak yang jatuh di Ramadi dengan kobaran api.

Pemerintahan syiah Irak sendiri belum mengkonfirmasi laporan jatuhnya pesawat tempur mereka yang diklaim ditembak jatuh IS. Pemerintah Irak telah bergantung pada koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat (AS) untuk memerangi kelompok itu. 

Selain itu, Iran yang didukung milisi Syiah juga membantu Irak dalam memerangi Islamic State. Meski sama-sama memerangi IS, Iran masih malu-malu mengakui bhwa negaranya bekerjasama dengan AS.

Koalisi internasional sendiri dalam setahun terakhir belum bisa mengalahkan IS. Islamic State, justru semakin kuat setelah merebut sejumlah wilayah di Irak dan Suriah.
(mas/sindo/infoduniamiliter )

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top