Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah

Serdadu berusia belasan tahun itu mendekati pos jaga Korea Selatan di zona demiliterisasi (DMZ) di Hwacheon pada Senin (15/06) waktu setempat.
Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan tidak terjadi baku tembak saat insiden terjadi dan serdadu itu sekarang berada dalam tahanan.
Sangat jarang bagi para pembelot untuk menyeberangi wilayah DMZ. Pasalnya, kawasan sepanjang 250 km persegi itu dijaga ketat serta dipenuhi ranjau darat.
Menurut koresponden BBC di Korsel, Kevin Kim, terakhir kali warga Korut membelot melalui DMZ ialah pada Oktober 2012, ketika seorang prajurit berhasil melewatinya tanpa ketahuan.
Zona Demiliterisasi yang memisahkan Korea Utara dan KoreA Selatan dijaga ketat dan dipenuhi ranjau darat.
Peristiwa itu merupakan hal yang sangat memalukan bagi militer Korsel dan langkah-langkah pengamanan perbatasan pun ditingkatkan.
Dari hampir 28.000 warga Korut yang membelot ke Korsel, sebagian besar menyeberang ke Cina terlebih dulu kemudian memasuki Korsel melalui Asia Tenggara.
Area DMZ dipenuhi ranjau darat dan kawat berduri serta dijaga puluhan ribu prajurit di kedua sisinya.
Ratusan warga Korut melarikan diri dari kemiskinan dan rezim represif di negara mereka setiap tahunnya.
Pada Agustus 2014, dua warga Korut berenang melintasi perbatasan Laut Kuning untuk mencapai sebuah pulau Korsel. (Bbc/infoduniamiliter )

Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top