Tajuk

Lokal

Islam

Barat

Timur

Like Us

Sejarah


Perjalanan panjang Amerika Serikat (AS) sebagai sebuah bangsa diwarnai terbunuhnya sejumlah presiden negara itu. Tercatat ada 4 Presiden AS yang merenggang nyawa ditembus timah panas. Selain itu, juga tercatat adanya sejumlah upaya pembunuhan terhadap Presiden AS yang berhasil digagalkan.


Hingga kini, misteri masih menyelimuti sejumlah tragedi pembunuhan tersebut. Bermacam teori dan spekulasi muncul seiring berjalannya waktu. Hanya satu yang pasti, mereka yang tewas saat memimpin AS. Berikut 4 Presiden AS yang tewas terbunuh saat masih menjabat.



Abraham Lincoln (1809-1865)


Ini 4 Presiden AS yang Tewas Tertembak



Presiden ke-16 AS, Abraham Lincon menjadi Presiden AS pertama yang tewas akibat terjangan timah panas. Lincoln yang menjabat sejak 4 Maret 1861 hingga 15 April 1865, ditembak oleh seorang aktor pendukung konfederasi, John Wilker Booth pada 14 April 1965.



Lincoln ditembak ketika tengah menyaksikan pertunjukan drama di Teater Ford, Washington DC. Booth menembak Lincoln dengan menggunakan sebuah pistol tepat di bagian kepala belakang. Booth sendiri akhirnya tewas pada 26 April 1865 ketika tentara AS berhasil mengepung persembunyiannya di sebuah rumah pertanian.



Lincoln dianggap sebagai salah satu presiden tersukses dalam sejarah AS. Membawa AS keluar dari perang saudara, mempertahankan persatuan, dan menghapus perbudakan adalah jasa-jasa Lincoln yang paling besar bagi AS.



Sebagai bentuk penghargaan, nama, wajah, dan sosok Lincoln diabadikan dalam berbagai bentuk. Mata uang, patung raksasa, dan pahatan wajah di gunung menjadi butki kalau sosok Lincoln selalu diingat oleh warga AS.


Sebarkan Bung!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Post Comment

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top